Bahasa Python, Apa itu?

November 13, 2017

Secara umum ilmu pengetahuan terbagi dalam disiplin ilmu eksperimental dan
teoritis. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, maka penggunaan dan pemakaian komputasi menjadi penting. Sehingga ada yang beranggapan bahwa komputasi adalah cabang ketiga dari ilmu pengetahuan. Terlebih lagi dalam seismologi yang tentunya tidak akan terlepas dari penggunaan perangkat komputasi.


Bagi seorang seismolog, pengusaan perangkat komputasi menjadi hal sangat penting. Setiap bagian dalam pekerjaan yang berkaitan dengan seismologi pasti membutuhkan perankat dan pengusaan komputasi yang baik. Salah satu pengusaan komputasi adalah bahasa pemograman. Pada tulisan ini bahasa pemograman yang dikupas adalah Python.

Apa itu Python?

Python sendiri merupakan salah satu bahasa pemograman yang termasuk dalam high level languages, disamping beberapa bahasa pemograman lainnya yang pernah kita dengar sebelumnya seperti C, C++, Perl, dan Java. Python adalah bahasa pemograman yang mudah untuk dipelajari dan banyak kemanfaataan nya.

Program Python berkembang dengan pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Pemakaiannya bukan hanya untuk kebutuhan pengolahan data, akan tetapi juga untuk kebutuhan penampilan gambar dengan baik.

Saya mencoba mengutip dari wikipedia tentang penjelasan Python. Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.

Python mendukung multi paradigma pemrograman, utamanya; namun tidak dibatasi; pada pemrograman berorientasi objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional. Salah satu fitur yang tersedia pada python adalah sebagai bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis.

Seperti halnya pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, python umumnya digunakan sebagai bahasa skrip meski pada praktiknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks pemanfaatan yang umumnya tidak dilakukan dengan menggunakan bahasa skrip. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Saat ini kode python dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, beberapa diantaranya adalah:
  • Linux/UnixWindows
  • Mac OS X
  • Java Virtual Machine
  • OS/2
  • Amiga
  • Palm
  • Symbian (untuk produk-produk Nokia)
Python didistribusikan dengan beberapa lisensi yang berbeda dari beberapa  versi. Lihat sejarahnya di Python Copyright. Namun pada prinsipnya Python dapat diperoleh dan dipergunakan secara bebas, bahkan untuk kepentingan komersial. Lisensi Python tidak bertentangan baik menurut definisi Open Source maupun General Public License (GPL)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.