Instalasi Python

November 13, 2017


Instalasi Python adalah langkah awal jika readers ingin bermain-main dengan
Python. Seperti yang sudah disampaikan pada tulisan sebelumnya, bahwa Python dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi, beberapa diantaranya adalah:
  1. Linux/UnixWindows
  2. Mac OS X
  3. Java Virtual Machine
  4. OS/2
  5. Amiga
  6. Palm
  7. Symbian (untuk produk-produk Nokia) 
Tulisan ini mejelaskan pemakaian Python pada OS Linux. Distro Linux yang digunakan adalah Linux Mint. Bagi yang ingin berinteraksi lebih dalam dengan linux mint, readers bisa berselanjar ke laman Linux Mint. Linux Mint dan Ubuntu memiliki varian yang sama, sehingga untuk update instalasi paket mengacu pada Ubuntu.

Berdasarkan pengalaman, LINUX sebagai salah satu OS yang ramah dan murah meriah untuk menjalankan Python. Python akan terinstalasi secara langsung pada saat melakukan set up Ubuntu atau Linux Mint. Untuk memastikan dapat dicek di Synaptic Package Manager.

Beberapa perangkat kebutuhan lain untuk kebutuhan komputasi seperti NumPy, SciPy dan Matplotlib dapat diinstal menggunakan Synaptic Package Manager.

Untuk kebutuhan seismologi maka perlu paket ObsPy untuk instalasi. Paket ObsPy dapat diinstal dengan melakukan pengaturan pada source.list. Info lebih lengkap ada di https://github.com/obspy/obspy/wiki.

Pembahasan dan intalasi ObsPy akan dibahas pada tulisan berikut

Selamat bermain dengan Python

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.