Pre event PIT HAGI: Workshop Kolaborasi HAGI - Kementrian PU-PR (Sesi 1)

September 23, 2018
Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) secara rutin setiap tahun menggelar event Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT). Setiap tahunnya, PIT HAGI mengangkat tema yang berbeda untuk kebutuhan eksplorasi, energi, lingkungan dan mitigasi bencana. Untuk tahun 2018, PIT HAGI diselenggarakan di Kota Semarang - Jawa Tengah mulai taggal 24 - 27 September 2018. Tema yang menjadi fokus pada PIT HAGI 2018 adalah “Geoscience for Energy, Society and Sustainebility”. 

Poster Pre-Event Workshop HAGI Kementrian PU-PR
Pembukaan event PIH HAGI 2018 dilakukan pada 24 September 2018, dan sehari sebelumnya diadakan pre-event workshop. Workshop kolaborasi HAGI - Kementrian PU-PR merupakan workshop senergi dan berbagi informasi tentang perkembangan teknologi penunjang insfrastruktur di Indonesia. Workshop dianggap penting untuk dilaksanakan untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. 

Workshop kolaborasi HAGI - Kementrian PU-PR terbagi dalam 3 sesi. Setiap sesi menghadirkan 3 pembicara yang membahas topik yang unik dan menarik. Pada sesi pertama ada 3 pembicara yaitu Dr. Dwa Esa W (HAGI/ITS), Dr. Asep Harja (HAGI/UNPAD) dan Rudi Febrijanto, MT (Pusjatan KemenPUPR). Sesi pertama dipandu oleh Dr. Gatot Yulianto (UNDIP).

Ada beberapa hal menarik yang muncul pada diskusi pertama ini adalah:
  1. Pemanfaatan aplikasi metoda geofisika untuk pembangaunan infrastruktur jalan merupakan salah satu hal yang penting, mengingat kerumitan struktur bawah permukaan perlu dipahami dengan menggunakan pendekatan metoda geofisika.
  2. Metoda geofisika dalam aplikasinya tidak bisa berdiri sendiri, akan tetapi sangat perlu dikalibrasi dengan kondisi di lapangan.
  3. Melihat dinamikia fenomena lingkungan yang berdampak pada infrastruktur, sehingga dibutuhkan metode geofisika yang cepat tanggap untuk menjadi acuan awal guna menjawab permasalahan ini. 
  4. Perlu menjadi perhatian bahwa Kementrian PU-PR belum memiliki pedoman penggunakan instrumen geofisika yang berkenaan dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur. Untuk itu peran HAGI menjadi penting dalam hal ini.
Gambar suasana workshop sesi pertama (Photo credit Pak Dicky,  diambil dari WAG Forum Diskusi HAGI)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.