Install PyGMT Menggunakan Anaconda

April 10, 2020
PyGMT dapat berfungsi dengan baik pada OS Linux dan Mac, akan tetapi untuck Windows saya belum pernah mencobanya. Untuk memaksimalkan fungsi PyGMT, berdasarkan pengalaman, kita bisa menggunakan anaconda.  

Perangkat anaconda merupakan perangkat open-source yang dapat dimanfaatkan untuk menjadikan bahasa Python lebih mudah digunakan.

Anaconda Python akan memudahkan kita untuk mamadukan beberapa perangkat pendukung yang dibutuhkan dalam PyGMT. Tentu sebelumnya, Anaconda Python sudah ter-install pada perangkat komputer. Jika belum, silakan mengikuti proses instalasi anoconda pada perangkat komputer sesuai dengan OS yang digunakan. 

Anaconda dapat dijalan secara baik di OS Linux, dan Mac, sedangkan untuk OS Windows belum pernah dicoba karena saya hanya menggunakan Linux dan Mac.

Jadi Anda tidak perlu kuatir dengan OS berbasis unix yang sudah ada pada perangkat komputenya. Biasanya Python sudah terintall di Linux dan Mac. Jika pada perangkat komputer sudah ada Python, Anda bisa tetap melakukan instalasi anaconda tanpa perlu kuatir akan mengganggu paket python yang sudah terinstal sebelumnya.

PyGMT mensyaratkan Anda untuk menggunakan Python 3.6 atau setelahnya, dan GMT yang dibutuhkan adalah minimun GMT versi ke - 6. Anda bisa mendapatkan GMT versi ke-6 pada link berikut GMT-6.

PyGMT membutuhkan beberapa libraries seperti: numpy, pandas, xarray dan packaging. Semua libraries ini tersedia di perangkat anaconda. Selain empat libraries sebagaimana tersebut di atas, Anda juga disarankan untuk meng-install iPython. IPython merupakan sebuah shell interaktif yang bisa digunakan dalam pemograman Python.

Berikut adalah tahapan yang diperlukan untuk melakukan proses instalasi PyGMT.

Pertama

Install 4 libraries sebagaimana tersebut di atas, yaitu numpy, pandas, xarray dan packaging secara terpisah. Anda bisa menggunakan conda untuk melakukan proses instalasi keempat libraries. Anda bisa menggunakan perintah 

$conda install numpy
$conda install pandas
$conda install xarray
$conda install packaging

Kedua

Install GMT 6 dengan menggunakan perangkat conda package manager. Anda harus melakukan konfigurasi conda untuk mendapatkan paket dari saluran conda-forge dengan perintah: 

$conda config --prepend channels conda-forge

Berikutnya, kita akan membuat environment baru untuk Python dan perangkat-perangkatnya (dependencies) yang sudah terinstall. Dalam hal ini, saya mengikuti dari situs PyGMT, yaitu menggunakan nama pygmt untuk environment baru (penamaan environment baru bisa disesuaikan dengan selera masing-masing).

Untuk perintahnya, Anda bisa copas perintah berikut ke terminal. tahapan ini akan butuh waktu waktu yang lumayan lama, dan sangat ternggantung dengan kecepatan internet yang digunakan.

$conda create --name pygmt python=3.6 pip numpy pandas xarray packaging gmt=6.0.0 

Jika proses instalasi selesai, Anda bisa mengaktifkan environment baru dengan perintah:

$conda activate pygmt

Ketiga
Install PyGMT dengan menggunakan pip untuk mendapatkan versi PyGMT terbaru yang ada di Github. Anda bisa menggunakan perintah:

$pip install https://github.com/GenericMappingTools/pygmt/archive/master.zip

Proses ini membutuhkan waktu beberapa menit
Jika proses instalasi selesai, Anda bisa mengecek PyGMT dalam sistem komputer Anda dengan perintah:

$import pygmt

Jika tidak ada keluar pernyataan error, maka pygmt sudah sukses terinstall pada sistem komputer Anda.
Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa mengetik perintah berikut:

$pygmt.test()

Maka akan keluar seperti berikut:
















Selamat mencoba.

---
Tulisan ini disadur dari sumber PyGMT



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.