PyGMT, Paket Python untuk Generic Mapping Tools (GMT)

April 10, 2020
Ada hal menarik bagi para peminat GMT (Generic Mapping Tools), khususnya yang senang bermain-main dengan peta dan ploting grafik atau kurva. Sekaligus, hal ini juga menarik bagi pada pengguna atau bagi para programer yang mulai berpindah ke Python. 

Dalam tiga tahun terakhir, tepatnya pada 2017, diperkenalkan paket PyGMT yang merupakan paket Python yang dapat menjalankan program GMT. Jika ingin dapat info yang lebih lengkap bisa langung main-main ke laman PyGMT.


Paket PyGMT tentunya sangat bermafaat bagi para Earthscientist untuk menampilkan peta secara lebih menarik. Selain itu, paket ini merupakan paket yang bebas digunakan untuk kebutuhan penelitian dan kebutuhan gambar untuk slide presentasi dan poster. Sama seperti GMT, paket PyGMT ini gratis untuk dimanfaatkan. Tentunya dengan catatan, jangan lupa untuk memberikan acknowledgement kepada GMT pada setiap publikasi Anda lalukan.


Tulisan pada postingan ini mencoba untuk mengupas tentang PyGMT secara umum. Seperti yang sudah dijelakan pada bagian di atas, PyGMT diinisiasi pada tahun 2017 oleh Leonardo Uieda and Paul Wessel yang merupakan co-creator dan main developer dari GMT, keduanya berafiliasi dengan the University of Hawaii at Manoa. Secara pendanaanProjek PyGMT didanai oleh NSF grant OCE-1558403.


Dalam perangkat Python, setidaknya ada dua paket yang bisa digunakan untuk plot peta atau membuat gambar grafik, yaitu Bokeh dan Matplotlib. Kedua perangkat ini sangat sering digunakan dalam Bahasa Python. Namun, PyGMT mencoba memberikan nuansa yang berbeda. 


GMT atau PyGMT menggunakan format PostScript untuk menghasilkan gambar atau grafik dalam format vektor berkualitas tinggi untuk publikasi, poster, slide presentas, dll. PyGMT relatif lebih ringan sehingga penggunaan memori yang efisien dan prosesnya lebih cepat. Hasil penggambaran dalam format PostScript dapat dikonversi ke format lain seperti PDF, PNG, dan JPG untuk digunakan di web dan di tempat lain. 


Proses instalasi paket PyGMT dapat menggunakan anaconda dan dapat dijalankan menggunakan OS Linux, Mac dan Windows. PyGMT juga bisa dikombinasikan dengan PyCharm manjadi sebuah paket python untuk kebutuhan ploting peta dengan resolusi yang tinggi.


Untuk proses instalasi silakan ke lama install PyGMT
Untuk mencoba plot peta silakan ke laman Plot Peta PyGMT


........
Tulisan ini disadur dari web PyGMT








Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.