Catatan Gempa Selatan Malang 10 April 2021

By Zulfakriza Z. - April 13, 2021

Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.00 WIB, gempabumi berkuatan Magnitudo 6,1 terjadi di lepas pantai selatan Malang dan kedalaman sumber gempa adalah 86 km. Informasi awal yang dikeluarkan oleh BMKG, parameter gempa ini adalah memiliki magnitudo 6,7 dan kedalaman sumber gempanya adalah 25 km. Namun, seiring dengan penambahan data yang diterima oleh tim processing di BMKG, parameter gempa mengalami pemutakhiran seperti yang disebutkan di atas. 

Selain dari situs BMKG, parameter gempa juga dapat diperoleh dari situs USGS dan GFZ. Kedua lembaga ini mengeluarkan parameter gempa pada magnitudo 6,0 dengan kedalaman sumber 82,3 km (USGS) dan 87 km (GFZ). Secara umum, parameter yang dikeluarkan oleh BMKG, USGS dan GFZ memiliki rentang perbedaan yang relatif kecil. Posisi eposinter dari ketiga lembaga tersebut sebagaiman ditunjukkan pada Gambar 1. 


Gambar 1. Lokasi episenter kejadian gempa 10 April 2021 di Selatan Malang, berdasarkan informasi dari situs BMKG, USGS dan GFZ.


Mekanisme fokus kejadian gempa (Gambar 1) terlihat secara jelas bahwa gempa di Selatan Malang terpicu oleh adanya aktivitas sesar naik dengan sudut penunjaman (Dip) yang relatif curam yaitu antara 75 s/d 85 derajat. Hal ini didukung oleh kedalaman sumber gempa lebih dari 80 km. Sehingga kemungkinan gempa ini terjadi di dalam kerak litosfer samudera atau dapat disebut dengan istilah intraslab.





   

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

PyGMT, Paket Python untuk Generic Mapping Tools (GMT)

Ada hal menarik bagi para peminat GMT ( Generic Mapping Tools ), khususnya yang senang bermain-main dengan peta dan ploting grafik atau...