Conda, Apa dan Bagaimana? (Sains Data #2)

By Zulfakriza Z. - Juli 17, 2021



Untuk kebutuhan sains data, Conda bisa menjadi salah satu alternatif.

Paket conda merepakan sebuah sistem pengelolaan paket bahasa pemrograman yang dikelola secara terbuka (open source). Sistem paket conda dapat dijalankan secara baik pada ketiga sistem operasi, yaitu Linux, macOS dan Windows. Proses instalasinya dapat dilakukan secara mudah dan relatif cepat. Selain itu untuk proses pemutakhiran juga dapat dilakukan secara mudah dan tentunya butuh sambungan internet yang memadai jika ingin melakukan pemutakhiran paket conda.

Secara lebih lengkap informasi tentang paket conda, bisa langsung berselancar ke CONDA.

Sistem conda dirancang untuk memberikan kemudahan dalam membuat modul pemograman, menyimpan dan memuat beberapa paket yang dibutuhkan serta terhubung antara satu dengan yang lainnya dalam sistem lokal komputer kita. 

Jika kita melihat performa dari sistem conda ini, saya bisa mengatakan bahwa conda ini sebagai sebuah sistem terpadu yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola berberapa paket atau modul secara bersamaan. Pada awalnya, sistem ini dikembangkan untuk bahasa pemrograman Python, namun dalam perkembangannya dapat digunakan untuk mengemas dan mendistribusikan parangkat lunak untuk bahasa pemrograman apa pun.

Sebagai sebuah sistem manajer yang terpadu, tentu Conda menyediakan fasilitas untuk mencari dan mengintal paket. Namun sebelumnya kita perlu melakukan instalasi conda dalam sistem operasi komputer yang dimiliki. Tentang cara dan tahapan instalasi conda, saya akan buat catatan pada tulisan yang lain. Pada tulisan ini saya mencoba berbagi catatan tentang conda itu, apa dan bagaimana.

Untuk kebutuhan bahasa Python, conda memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perbedaan versi dalam Python. Jika kita memerlukan paket yang mengharuskan versi Python yang berbeda, dalam hal ini conda memberikan kemudahan tanpa perlu beralih ke sistem atau lingkungan yang berbeda. Kita hanya butuh beberapa perintah untuk mengatur sistem conda supaya dapat menjalankan paket pemrograman dengan versi Python yang berbeda. Hal ini ini dapat dilakukan secara bersamaan dengan versi Python yang digunakan dan sedang berjalan di sistem komputer kita. 

Berdasarkan pengalaman, untuk kebutuhan Python dan sains data, saya merekomendasikan untuk menggunakan paket sistem conda.

Selamat mencoba.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

PyGMT, Paket Python untuk Generic Mapping Tools (GMT)

Ada hal menarik bagi para peminat GMT ( Generic Mapping Tools ), khususnya yang senang bermain-main dengan peta dan ploting grafik atau...