Pengenalan Python

Maret 16, 2020
Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang relatif bagus dan gratis. Saat ini yang beredar secara luas adalah versi 2 dan 3 dirilis pada tahun 2008. Versi 2 saat ini merupakan versi bahasa yang paling banyak digunakan, dan diinstal secara default pada hampir semua sistem UNIX modern. 

Python juga tersedia untuk OS X dan Windows. Meskipun ada perbedaan antara versi 2 dan 3, perbedaan pada kedua versi Python tidak begitu signifikan, dan semua yang akan dibahas dalam postingan ini berlaku untuk Python 2 dan Python 3.


Python pertama kali dirilis pada tahun 1991. Anda dapat membaca tentang sejarah Python di halaman Wikipedia-nya atau dengan mengunjungi salah satu dari banyak situs web Python. Buku-buku terbaik untuk belajar tentang Python adalah Python Essential Reference (reference ini baik untuk pemula), selain itu juga ada Learning Python

Pada bagian permulaan ini, kami memberikan beberapa hal tentang Python yang dapat diikuti pada link berikut:
  1. Bahasa Python, Apa Itu?
  2. Asal Muasal Bahasa Python
  3. Kenapa Harus Python

Instalasi Python

Proses instalasi Python dapat diikuti pada situs web resmi Python yang berisikan petunjuk lengkap dan müdahale diikuti. Pada situs ini juga disediakan paket Python yang dapat diunduh. Jika Anda pengguna Linux, biasanya paket Python sudah terinstal secara langsung saat instalasi Linux dilakukan.

Akan tetapi, ada beberapa distribusi pendukung dalam Scientific Python (Seismologi Python) harus dilakukan secara terpisah. Distribusi pendukung yang dimaksud seperti, NumPy, SciPy, Matplotlib dan ObsPy. Dalam OS Linux, distribusi ini dapat diperoleh dengan menggunakan synaptic manager.

Selain menggunakan cara konvensional, seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, instalasi Python dapat juga dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat Anaconda. 

Anaconda adalah salah satu hub yang dapat digunakan (direkomendasi) untuk instalasi Python. Perangkat Anaconda menyediakan versi Python 2 dan Python 3. Anda bisa mengatur default path untuk setiap versi Python yang digunakan. Selain itu Anda juga bisa memanggil paket pendukung NumPy, SciPy, Matplotlib dan ObsPy dalam satu platform Anaconda. 

Enthought Canopy adalah distribusi serupa dengan versi gratis dan berbagai tingkatan versi berbayar termasuk dukungan teknis dan perangkat lunak pengembangan.






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.