Pendahuluan Python

November 16, 2017
Laman ini berikan tulisan-tulisan yang berikaitan dengan pendahulan dan pengantar bahasa pemograman Python

01 Bahasa Python, Apa Itu?
Secara umum ilmu pengetahuan terbagi dalam disiplin ilmu eksperimental dan teoritis. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, maka penggunaan dan pemakaian komputasi menjadi penting. Sehingga ada yang beranggapan bahwa komputasi adalah cabang ketiga dari ilmu pengetahuan. Terlebih lagi dalam seismologi yang tentunya tidak akan terlepas dari penggunaan perangkat komputasi.

02 Asal Muasal Bahasa Python
Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI,
Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terakhir yang dikeluarkan CWI adalah 1.2. Tahun 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus melanjutkan pengembangan Python. Versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6.

03 Kenapa Harus Python
Memilih Python sebagai bahasa pemograman adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah Python merupakan salah satu bahasa pemograman yang mudah dipelajari dan murah (gratis). Istilahnya mumer (murah meriah). Selain itu, Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang efesien, sehingga memungkinkan kita untuk menuliskan code dalam baris perintah yang lebih sederhana dan mudah dipahami jika dibanding dengan bahasa C, C++ atau Java. 

04 Instalasi Python
Berdasarkan pengalaman, LINUX sebagai salah satu OS yang ramah dan murah meriah untuk menjalankan Python. Python akan terinstalasi secara langsung pada saat melakukan set up Ubuntu atau Linux Mint. Untuk memastikan dapat dicek di Synaptic Package Manager.









Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.